RSS

Quiz 3

17 Nov

1 Jelaskan yang dimaksud dengan Bisnis Internasional?

 Bisnis Internasional adalah semua transaksi bisnis, baik pemerintah maupun swasta, yang melibatkan dua negara atau lebih.
Bisnis internasional merupakan Suatu unit bisnis yang memperluas atau Ekspansi produksi dan pemasaran produk  baik barang maupun jasa ke luar negara. Hal ini terkadang harus dilakukan oleh suatu perusahaan bisnis di kala pasar yang ada di dalam negara sudah berada dalam tahap jenuh, sehingga sulit untuk dapat berkembang lebih besar lagi. Dengan memasuki pasar internasional perusahaan harus mampu beradaptasi di semua bidang dengan kultur budaya di negara setempat agar tidak menimbulkan permasalahan sosial.

2 Jelaskan yang dimaksud dengan bisnis?

 Bisnis adalah suatu aktivitas mengelola sumber daya manusia yang terdiri dari: Machine, Man, Money, Method, Material, Market, Minute, Information. sumber daya tersebut diolah oleh ke-4 fungsi manajemen, yaitu; Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Operasional. Pengelolaan tersebut dilakukan untuk menghasilkan Produk berupa barang dan jasa dengan tujuan Profit, Planet, dan People.

3 Jelaskan lingkungan bisnis dan pengaruhnya terhadap Perusahaan!

 Lingkungan bisnis adalah faktor-faktor, baik Eksternal maupun Internal sebagai pendukung bagi terlaksananya aktivitas bisnis.
Pengaruhnya terhadap bisnis sangat besar, tentu saja dengan adanya lingkungan bisnis dan kita sebagai pebisnis dapat mengikuti terus perubahan lingkungan yang terjadi, maka aktivitas bisnis dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
Contohnya: Lingkungan Eksternal -> Budaya
Indonesia sangat terkenal dengan budayanya yang berbeda-beda, ketika PT.Indofood menghasilkan produk Mie Instant, dan PT.Indofood menyadari bahwa adanya lingkungan bisnis yang harus diperhatikan dari faktor eksternal, yaitu; budaya, misalnya budaya orang Sunda yang berada di Bandung itu adalah terkenal dengan budaya makan Mie Kocok. maka, PT,Indofood menghasilkan produk Mie Instantnya dengan rasa ‘Mie Kocok Bandung’. Hal tersebut dilakukan, agar produk yang dihasilkan PT.Indofood dapat diterima oleh konsumen dengan keragaman budayanya.

4 Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen!

 Manajemen adalah proses mengelola segala sumber daya (Method, Man, Machine, Money, Minute, Market, Material, Information) untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Tanpa adanya manajemen, aktivitas yang kita lakukan, terutama aktivitas bisnis tidak akan berjalan dengan baik dan lancar. Manajemen dilakukan agar kita dapat tetap fokus dengan tujuan yang ingin dicapai.
Misalnya, suatu perusahaan harus memiliki ke-4 fungsi manajemen, yaitu; manajemen Operasional, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Pemasaran, agar semua sumber daya dapat dioptimalkan.

5 Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen strategik!

 Manajemen Strategik adlah strategi pengelolaan sumber daya suatu perusahaan atau organisasi untuk dapat bersaing dengan perusahaan atau organisasi yang ada, sehingga perusahaan atau organisasi tersebut dapat tetap unggul.

6 Jelaskan ketika ke lapangan!

 Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Peti Kemas yang terletak di Gede Bage, tempat tersebut merupakan sebuah terminal pemberhentian barang Ekspor dan Impor.
Tempat yang kedua adalah Forwarder yang bernama Samudra Indonesia Group terletak di Metro-Soekarno Hatta Bandung. Kami mengadakan wawancara dengan pihak HRD-nya bernama Ibu Wina, karena pihak-pihak yang terkait sedang melakukan Audit, sehingga kami tidak dapat melakukan wawancara dengan pihak yang berkepentingan dalam masalah ini. Ibu Wina tidak mengetahui prosedur kegiatan Ekspor-Impor yang dilakukan di Samudra Indonesia Group ini, sehingga kami hanya mendapatkan informasi bahwa Samudra Indonesia Group sedang membuka rekrutmen untuk bidang Sales.
Setelah itu, kami mengunjungi PT.Indofood yang terletak di Cimareme-Padalarang. Namun, kami tidak mendapatkan Informasi karena tidak mendapatkan ijin masuk atau sekedar berfoto-foto.
Kemudian, kami ke SBI (State of Bank India) disana kami mengadakan wawancara dengan Account Officer. Beliau menjelaskan tentang LC (letter of Credit) dan kami diberikan contoh pengajuan LC.
Terakhir kami ke BKPM, disana kami mengadakan wawancara dengan staf pemasaran, kami diberikan penjelasan tentang bagaimana prosedur untuk mengadakan suatu investasi.

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 17, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: